Zainal Abidin, Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir STAIN Gajah Putih Juara II PTQ RRI Takengon

TAKENGON (IAT-STAINGPA) - Pekan Tilawatil Quran (PTQ) yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Takengon baru saja berakhir pada hari Sabtu (19/05/2018). Alhamdulillah, pada kegiatan PTQ yang diikuti oleh peserta dari tiga Kabupaten di wilayah tengah aceh ini, Zainal Abidin, mahasiswa prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) berhasil menjadi juara II.

Dikutip dari halaman rri[dot]co[dot]id, bahwa jumlah nilai Zainal 91, terpaut lima angka dari juara I yang diraih oleh Muhammad Ade Zainal utusan Kabupaten Gayo Lues dengan nilai 96. Namun, Zainal jauh unggul dari juara III Iskandar dengan raihan nilai 73. Di bagian puteri, Juara I diraih oleh Diyanthi Munthe dengan nilai 90. Juara II Mawaddah Warahmah dengan nilai 85. Juara III diraih Riana Munthe dengan nilai 73.

Menurut Koordinator Prodi IAT, Irhas, M.A., Zainal adalah mahasiswa yang berprestasi. Prestasinya tidak hanya dalam bidang tilawah Alquran. Secara akademik, mahasiswa penerima beasiswa bidik misi ini termasuk memiliki catatan akademik yang tinggi. Hal itu ditandai dengan raihan IPK 3,91 sampai dengan semester V. 

Sejak masuk kuliah di Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir tahun 2015, Zainal sering mengikuti kegiatan lomba tilawah Alquran yang memang menjadi hobi dan kegemarannya sejak kecil. Pada tahun 2015, Zainal pernah meraih juara IV MTQ Tunas Ramadhan Tingkat Provinsi Aceh. Tahun lalu, Zainal meraih juara III MTQ Kodam Iskandar Muda Tingkat Provinsi Aceh . 

Di kampus, mahasiswa angkatan pertama prodi Ilmu Alquran dan Tafsir ini sering didaulat menjadi Qori untuk kegiatan di lingkungan kampus seperti wisuda, seminar dan termasuk ketika kedatangan tamu dari luar. "Semoga ke depannya, Zainal bisa meningkatkan prestasinya. Dan semoga muncul Qori dan Qoriah lain dari prodi IAT ini." Pungkas Irhas. (Kaprodi IAT)

 

Credit: Picture by @rri_takengon

 

Lainnya :