Empat Orang Dosen STAIN Gajah Putih Menjadi Peserta Pemakalah Pada ICON-UCE

MALANG (IAT-STAIN GPA) – Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Kementerian Agama RI melalui Dirjen Pendis menggelar kegiatan The 3rd International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE) yang berlangsung dari tanggal 8 sampai 10 Oktober 2018 di UIN Malang.

STAIN Gajah Putih Takengon juga ikut serta dalam kegiatan ICON-UCE ini. Ada empat orang dosen STAIN Gajah Putih Takengon yang menjadi pemakalah direkomendasi dalam kegiatan ini. Dua dosen prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) Jurusan Ushuluddin dan Dakwah, yaitu Irhas dan Joni Harnedi. Dua dosen Jurusan Tarbiyah yaitu Addahri Hafidz Aulawi dan Muhammad Hasyimsyah Batubara.

Irhas dan tim pengabdiannya, Dwi Sukmanila Sayska dan Ilham Marnola menulis “Penguatan Kemandirian Madrasah Aliyah Dalam Membuat E-Learning Berbasis Kitab Turats Di Aceh Tengah”. Joni Harnedi dengan rekan pengabdiannya Sutrisno menulis “Pengelolaan Hutan Kawasan Ekowisata Danau Lut Tawar Takengon Berbasis Komunitas Siaga Bencana”. Addahri menulis “Laboratorium Bimbingan Konseling: Pengembangan Lifeskill Anak Berbasis Komunitas Guru dan Anak Disabilitas Pada Sekolah Luar Biasa Negeri 14 Takengon Kabupaten Aceh Tengah”. Hasyimsyah menulis “Penyediaan Bookcase di Coffee Shop Memperkuat Gerakan Literasi Dari Takengon”.

Joni Harnedi, dosen Ilmu Kalam Prodi IAT berharap semoga semua kegiatan ini menjadi pemicu bagi sivitas akadeik STAIN Gajah Putih Takengon untuk ikut terlibat dalam setiap even call paper. Hasyimsyah mengatakan call paper merupakan alat institusi menuju derajat hakikinya suatu kampus, yaitu research university dan good goverment university. Menulis harus menjadi panggilan bagi insan akademis, baik itu dosen dan mahasiswa sehingga menjadi solusi percepatan pembangunan bangsa bisa dikejar dari ide-ide dan hasil penelitian insan kampus melalui paper yg dipuplikasikan.

Sementara Addahri berharap, ke depannya agar ada dukungan lebih dari kampus berupa mengganggarkan pendanaan kegiatan presentasi dalam seminar dan konferensi yang diikuti dosen di luar kampus. Hal ini akan berimbas kepada peningkatan jumlah publikasi dosen dan juga akan bermanfaat bagi peningkatan matrik nilai pada borang akreditasi. (Prodi IAT)

Lainnya :